Sunday, March 5, 2017

CARA MERAWAT Burung Jalak Rio Ngriwik Kicau Gacor dan Harga Pasaran Terbaru Rio-Rio


Cara Merawat Burung Jalak Rio Ngriwik Kicau Gacor dan Harga Pasaran Terbaru Rio-Rio - Buat Anda kicau mania yang ingin mencari tantangan dengan menjadikan burung yang belum terlalu moncer di pasaran menjadi burung jagoan, atau Anda sekedar mencari alternatif peliharaan burung pekicau yang tak mainstream. Mungkin Rio-rio atau dikenal juga dengan sebutan Jalak Rio bisa dijadikan pilihan utama. Lihat juga Ciri Burung Kepodang Jantan dan Betina.
Foto Burung Jalak Rio Cara Merawat Rio-Rio Kicau Ngriwik Gacor
Foto Burung Jalak Rio Cara Merawat Rio-Rio Kicau Ngriwik Gacor

Kalau diperhatikan, sekilas burung ini mirip dengan Jalak Kerbau lantaran bulunya didominasi warna hitam legam dan memiliki paruh tebal berwarna kuning gading. Hanya saja, posturnya sedikit lebih ramping dari Jalak Kerbau. fotoburungkicau.blogspot.com

Perbedaan paling mencolok terletak pada warna bulu di bagian tunggir atau tungging (pantat) yang berwarna merah atau oranye kemerahan.

Rio-rio termasuk dalam keluarga Jalak (starling). Berdasarkan taksonominya, Jalak Rio-rio masuk dalam spesies Scissirostrum dubium atau dalam literatur perburungan internasional disebut sebagai grosbeak starling.

Burung ini memiliki gaya berkicau yang khas. Ketika berkicau, kerap menggeleng-gelengkan kepalanya.

Harga Pasaran Burung Jalak Rio

Di pasar burung, rata-rata bakalan Rio-rio yang belum bunyi atau baru ngriwik dijual sekitar Rp80 ribu.

Bila sudah mulai bunyi, harga Jalak Rio bisa berkalilipat, minimal dibanderol Rp500 ribu ke atas.

Suryo, salah satu pehobi burung pekicau asal Bantul yang pernah menjajal memelihara burung Rio-rio merekomendasikan burung ini dilatih menjadi burung pekicau.

Salah satu alasannya adalah semua burung keluarga jalak berpotensi memiliki suara bagus.

Cara Merawat Jalak Rio-Rio

Butuh kesabaran dan ketekunan agar Rio-rio cepat bunyi. Perawatan harian seperti merawat burung Jalak lainnya. Diberi extra fooding dan buah-buahan rutin setiap hari.

Di alam liar, buah-buahan, biji-bijian dan serangga kecil adalah santapan favorit burung ini.

Bila musim kawin tiba, pasangan Rio-rio akan mencari batang pohon yang sudah mati untuk kemudian membuat sarang dengan cara melubanginya.

Lihat juga: Tips Cara Merawat Burung Gagak

Rio-rio memiliki habitat asli di wilayah Sulawesi. Burung ini, hidup secara berkelompok atau berkoloni dalam jumlah besar.
Burung Rio-Rio Jantan dan Betina Harga Jalak Rio-Rio Terbaru
Burung Rio-Rio Jantan dan Betina Harga Jalak Rio-Rio Terbaru

Rio-rio gemar menghuni wilayah tepian hutan yang pepohononannya tak begitu lebat dan hutan rawa sampai ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut.

Demikianlah info burung kicau terbaru Cara Merawat Burung Rio-Rio Ngriwik Kicau Gacor dan Harga Pasaran Jalak Rio-Rio Terbaru. Ternyata bagus juga ya buat dipelihara sebagai pekicau andalan.

0 comments:

Post a Comment